Jumat, Maret 27, 2009

Kingdom ke-3 Bagiku adalah Manusia

MANUSIA BUKAN HOMOSAPIENS
Muthofar hadi, S.Si/Mantan Ketua HIMABIO FMIPA UNS

Ilmu Taksonomi mengatakan ada 2 kingdom dalam membedakan makhluk hidup, yaitu 1. Kingdom Hewan, dan 2 Kingdom Tumbuhan. Di dalam Kingdom Hewan manusia ada di class homo sampai sekarang atau Genus.

Manusia dalam class atau genus Homo telah dibedakan dalam banyak spesies sampai spesies baru hasil dari evolusi di bumi dengan nama manusia modern (Homo sapiens).

Dua teori tersebut, yaitu taksonomi dan evolusi, memiliki dukungan dari pembagian hewan kedalam herbivora, carnivora, dan omnivora.

Herbivora sebagai hewan pemakan tumbuhan, Karnivora adalah hewan pemakan hewan, dan omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan.

Dalam pembagian ketiga jenis makanan itu manusia kemudian masuk dalam kelompok hewan lagi dalam omnivora.

Saya mengatakan bahwa manusia paling awal adalah Adam dan Hawa, dan mereka adalah hasil ciptaan dari Allah swt bukan hasil evolusi dari Homo sapiens, dan bukan hewan.

Sebelum Adam dan Hawa diciptakan, saya mengatakan bahwa homo telah hidup di bumi. Contoh dari homo adalah homo erectus, homo wajakensis, homo afrika, yang telah hidup dalam waktu yang berbeda. Mereka telah ditemukan dan diteliti hidup beratus juta tahun yang lalu. Sedangkan dari Nabi Adam sampai sekarang tidak ada seratus juta tahun. Apalagi jika dihitung dari Nabi Musa tidak sampai 5000 tahun.

Mereka manusia purba secara fisik hanya mirip tidak sama dengan manusia, tetapi dalam kemiripan itu terdapat perbedaan secara spesifik. Manusia Adam diciptakan dari tanah, mungkin manusia purba yang ada dulu diciptakan dari air seperti hewan dan tumbuhan.

Manusia Adam dan Hawa

Dalam pelajaran agama, Adam adalah nama dari seorang Nabi dan Hawa adalah nama isteri Adam.

Dalam Islam Adam adalah manusia yang diciptakan dari tanah, yang dibentuk, dan ditiupkan ruh kedalamnya sehingga sempurna penciptaannya sebagai manusia.

Setelah Allah swt menciptakan Adam, Adam diberi teman manusia yang diciptakan dari tulang rusuk Adam yang bernama Hawa.

Keduanya tinggal di Surga dengan pakaian yang menutupi aurat mereka, dan karena mereka melakukan ajakan iblis –ciptaan Allah swt yang membangkang dari menjalankan perintah Allah swt- dengan melanggar perintah Allah swt, maka Adam dan Hawa diperlihatkan auratnya kemudian dikeluarkan dari surga menghuni Bumi sampai waktu yang ditentukan.

Keduanya menyesali perbuatannya saat di surga dan mendapat bimbingan dari Allah swt untuk bertaubat.

Setelah keduanya bertaubat mereka adalah sepasang manusia pertama yang ada di bumi, dan musuh mereka sama seperti musuh Allah swt iblis yang tidak bisa dilihat oleh Adam dan Hawa.

Adam dan Hawa selama menetap di bumi sudah dinikahkan oleh Allah swt setelah mereka saling bertemu di padang arafah, dan mulailah kehidupan berumahtangga manusia pertama di bumi.

Mereka dikaruniai anak-anak yang lahir kembar laki-laki-perempuan. Dan sebagai seorang kepala keluarga Adam kemudian menikahkan anak-anaknya dengan cara, anak laki-laki dinikahkan dengan anak perempuan yang bukan kembarannya.

Dan ketentuan nabi Adam tersebut ditentang oleh seorang anak laki-lakinya, yang bernama Qobil.

Qobil bersikeras menikah dengan saudara kembarnya Wadingah, sedangkan Adam sudah menentukan kawin silang Habil tidak dinikahkan dengan saudara kembarnya Damimah, tetapi dengan Wadingah.

Untuk menentukan keputusan tersebut Adam meminta Habil dan Qobil untuk berkorban, dan Qorban Habil yang diterima Allah swt.

Tetapi Qobil masih tidak terima dan membunuh Habil. Dan pembunuhan itu menjadi pembunuhan pertama manusia kepada manusia di bumi.

Sampai kemudian Qobil menguburkan mayat saudaranya itu seperti dia melihat seekor burung gagak yang setelah selesai bertarung menguburkan gagak yang mati.

Itu juga merupakan penguburan pertama manusia di bumi.

Bukti-bukti vosil manusia purba (Homo) yang ditemukan tidak bisa diklaim sebagai manusia seperti halnya Adam, Hawa dan keturunan-keturunannya.

Manusia sekarang adalah hasil dari buah perkawinan manusia dari keturunan Adam dan Hawa.

Perbedaan warna kulit sudah ada sejak nabi Adam melahirkan anak-anaknya, yaitu Habil dan Damimah berwana kulit hitam, sedangkan Qobil dan Wadingah berwarna kulit putih.

Sumber :
1. Ayat-ayat Al Quran
2. Kisah 25 Nabi dan Rasul dalam http://www. wikipedia.com
3. Pelajaran Biologi dari SMP – PT
4. Zaidan, Abdul Karim, Prof. Dr., Kisah-Kisah Al Quran : Pelajaran untuk dakwah dan Kehidupan Berjamaah, Jakarta Robbani Press, 2001

2 komentar:

  1. Saya sudah lama berpikir dan berseberangan pemikiran dengan ilmu pengetahuan yang menempatkan manusia di kingdom hewan. Dan sekarang tanggal 27 Maret ini saya tulis ulang ide saya beberapa hari sebelumnya yang saya posting di htt[://muthofarhadi.multiply.com tentang The Human not Homo dalam bahasa yang lebih mudah dipahami dan dimengerti. Saya tahu perjuangan ini butuh kesabaran dan istiqomah, saya akan berusaha agar ide ini bisa diterima selamanya.

    BalasHapus
  2. Allah swt berfirman :

    "Kami kisahkan kepada kamu, sebaik-baik kisah" (Yusuf:3)

    "(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat: "Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Maka apabila telah Aku sempurnakan kejadiannya dan Ku-tiupkan kepadanya roh(ciptaan)Ku; maka hendaklah kamu tersungkur dengan bersujud kepadanya" (Shad: 71 - 72)

    "Dan ketika Kami katakan kepada Malaikat: "Sujudlah kalian kepada Adam, maka Malaikatpun segera sujud, kecuali Iblis ia abai, maka Kami katakan: "Wahai Adam sesungguhnya ini (Iblis) adalah musuh bagi kamu dan istrimu, maka janganlah sekali-kali ia mengeluarkan kalian berdua dari surga hingga kamu sengsara" (Thaha: 116-117)

    "Apa yang menghalangimu hingga kamu tidak sujud ketika Aku perintahkan kepadamu". Iblis berkata, "Saya lebih baik dari Adam, saya diciptakan dari api sedangkan Adam diciptakan dari tanah" (al - A'raf:12)


    "Dan Kami berfirman,"hai Adam, diamilah oleh kamu dan istrimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang zalim. Lalu keduanya digelincirkan oleh syetan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu!,..sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain dan bagi kamu ada tempat kedamaian di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan" (al Baqarah; 35 - 36)

    "Maka syaitan membisikkan fikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: "Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang yang kekal dalam surga". "sesungguhnya saya adalah termasuk orang-orang yang memberi nasehat". (al-A'raf: 20-21)

    "Maka syaitan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu), dengan tipu daya, tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: "Bukankah Aku telah melarang Kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu:"Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua. Adam berkata: "Ya Tuhan Kami, Kami telah berbuat aniaya terhadap diri Kami, karenanya jika Engkau tidak memberi pengampunan dan rahmat kepada kami tentulah Kami tergolong orang-orang yang zalim" (al-A'raf: 22-23)

    "Dan durhakalah Adam kepada Tuhan dan sesatlah dia. Kemudian Tuhannya memilihnya (menjadi nabi) maka Dia menerima taubatnya dan memberinya petunjuk" (Thaha: 121 - 122)

    "Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya karena Allah Maha menerima taubat dan Maha Pengasih" (al-Baqarah: 37)

    Maha benar Allah dengan segala firmannya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.

    BalasHapus

MLS

MLS
multi level sedekah

Mengenal Tambang Lebih Dekat

SATU JARINGAN,MULTI BISNIS!

Entri Populer