Sabtu, Agustus 17, 2013

Masa Pengabdian Kepada Masyarakat (4)

16 Juni 2013 pukul 13:34

Sehari setelah operasi MH melepas kain mitela yang digunakan menggendong tangannya. MH mulai gerakkan tangan kirinya agar saat tes PA PK Perwira TNI AD di LANUD berhasil.

Dengan menghilangkan rasa sakit semua tes berhasil saya ikuti termasuk wawancara psikologi. Tinggal menunggu pengumuman akhir untuk masuk pantokhir nasional di Jakarta.

Terasa fisik sudah tidak kuat lagi MH berdoa semoga tidak diterima karena fisik MH yang lemah dan 8 jahitan keloid dipundak kirinya bedah. Dan perawat yang melakukan operasi keloid tidak berani lagi menjahit karena kulitnya masih lemah.

Akhirnya dengan menahan sakit dan sedikit darah yang keluar MH tutup dengan kasa steril dan kapas hingga diumumkan MH tidak lolos ke pantokhir nasional dari Yogya.

Itu adalah kesempatan terakhir karena adanya batasan usia untuk masuk TNI bagi MH.

Setelah tidak lulus pantokhir DIY saat mendaftar TNI, MH kemudian mengikuti kursus MR (medical representatif) di Yogya hingga dinyatakan lulus sebagai MR/detailer.

Meskipun pernah ujian di Semarang sebagai MR namun MH memutuskan istirahat dan mengembalikan fungsi gerak tangan kiri agar kembali seperti semula. Hingga terjadi GEMPA bumi 2006 tanggal 27 Mey di Bantul.

Titik awal kehidupan baru bagi MH karena setelah gempa Bumi MH merasakan sebagai anak piatu. Gempa bumi Yogya mengantarkan orang-orang yang MH cintai seperti Ibunya Ibu Badinah, BA dan Neneknya Ibu Muhdini/Jumilah menghadap Ilahi. Dan saat itu juga banyak korban meninggal dari tetangga-tetangga MH menghadap ilahi. Disamping korban cacat, luka dan finansial serta infrastruktur seperti rumah maupun sekolah.

Semua kegembiraan hilang seketika. Semua cinta berlebur jadi satu menjadi duka cita.

Perlahan namun pasti semangat hidup mandiri kembali bangkit. Tidak akan selamanya orang-orang membantu dan tidak akan selamanya korban gempa hanya bergantung pada bantuan orang lain.

Musyawarah formal dan informalpun diadakan hingga masing-masing KK bisa dapatkan uang "penyemangat" untuk membangun rumah dengan bahan-bahan yang masih ada dan konstruksi tahan gempa.

Bulan demi bulan berjalan pembangunan masih berlangsung, kondisi kerja belum kembali seperti semula.

Namun salah seoranh dosen dari almamater UNS memberikan informasi ada RETOOLING atau Pelatihan Lanjutan bagi Sarjana S1 Biologi se Indonesia yang akan di adakan salah satunya di UNS.

Dengan mempersiapkan materi dan proposal kegiatan akhirnya melalui ujian tulis dan wawancara dapat tempat duduk sebagai peserta retooling batch IV di UNS dengan keahlian memilih salah satu dari materi yang diajarkan beserta prakteknya yaitu budidaya jamur, tanaman obat, atau tanaman hias.

Inilah pelatihan yang mendapatkan gaji, meskipun gaji pada bulan pertama baru diterima dibulan ke 2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MLS

MLS
multi level sedekah

Mengenal Tambang Lebih Dekat

SATU JARINGAN,MULTI BISNIS!

Entri Populer