Senin, Juni 01, 2009

AS umumkan pertahanan internet

Presiden AS, Barack Obama
Obama umumkan rencana pengamanan jaringan komputer AS
Presiden Amerika, Barack Obama mengumumkan rencana-rencana untuk mengamankan jaringan komputer Amerika dari serangan-serangan dunia maya.

Obama mengatakan, mulai sekarang perlindungan infrastruktur digital Amerika merupakan prioritas keamanan nasional.

Sebelumnya tugas melindungi Amerika dari serangan di dunia maya menjadi sumber perselisihan dalam pemerintah, khususnya antara Departemen keamanan dalam negeri dan badan pengawas keamanan nasional, NSA.

Dalam upaya memperbaiki koordinasi dalam pertahanan Amerika kini presiden Obama mengumumkan, presiden menunjuk langsung seorang kepala bidang dunia maya untuk mengawasi perlindungan terhadap jaringan pemerintah dan komersial.

Obama mengakui bahwa Amerika Serikat secara khusus sangat tergantung pada jaringan komputer sehingga sangat rentan terhadap serangan dunia maya.

Dia secara khusus mengatakan bahwa Al-Qaeda dan kelompok-kelompok lain pernah mengancam akan melancarkan perang lewat komputer.

Tindakan terorisme sekarang ini, kata Obama, bisa datang "bukan hanya dari beberapa ekstrimis dengan rompi bunuh diri, tetapi dari beberapa ketikan di komputer - sebuah senjata pengrusak massal".

Selama tahun 2007 saja, Pentagon melaporkan hampir 44 ribu insiden yang disebutnya kegiagan dunia maya bersifat jahat dari militer, dinas intelijen asing dan juga para hackers.

Prioritas keamanan

Obama mengatakan, melindungi prasarana digital Amerika, jaringannya dan komputer yang sudah menjadi kebutuhan setiap orang setiap hari, akan menjadi 'prioritas keamanan nasional'.

Bursa saham Wall Street
Pertahanan dunia maya diperlukan agar kegiatan bursa tetap berjalan

"Sekarang jelas," kata dia, "ancaman dunia maya adalah salah satu tantangan keamanan nasional dan ekonomi yang paling serius yang kita hadapi sebagai satu bangsa."

Dia mengatakan Amerika Serikat sebelumnya tak berhasil menanamkan modal di bidang prasarana digital. "Kita tidak sesiap sebagaimana yang seharusnya," kata dia.

Di masa lalu, tidak satu departemen pun di Amerika bertanggung-jawab atas keamanan dunia maya, sehingga komunikasi dan koordinasi dalam masalah ini sangat buruk, kata Obama.

Kantor keamanan dunia maya yang baru di bawah Gedung Putih ini mengkoordinir upaya pencegahan bernilai miliaran dolar yang dirancang untuk membatasi akses terhadap komputer-komputer pemerintah dan melindungi sistem, sehingga kegiatan di negara ini tetap bisa berjalan, misalnya seperti sistem pengendali lalu lintas udara dan sistem komputer di bursa saham.

Meski tidak ada dalam pidatonya, pemerintah Amerika juga sedang mempertimbangkan ide membentuk komando militer baru untuk melakukan serangan dalam perang dunia maya.

Satu penelitian yang diketuai oleh dua anggota Kongres menyebut harus ada dimensi jelas dalam sistem pertahanan Amerika.

Laporan ini mengusulkan dengan memiliki kemampuan melakukan serangan dalam perang dunia maya merupakan alat pencegahan yang efektif melawan calon penyerang.

1 komentar:

  1. Indonesia memiliki UU IT leebih dahulu dari pada AS, dan Indonesia bisa lebih cepat dan itu lebih baik.

    BalasHapus

MLS

MLS
multi level sedekah

Mengenal Tambang Lebih Dekat

SATU JARINGAN,MULTI BISNIS!

Entri Populer