Kamis, April 29, 2010

Negara Bekas Republik:

Negara Bekas Republik:

1. Republik Kaukasus Utara Bergunung

Republik Kaukasus Utara Bergunung (juga disebut Republik pegunungan) (1917–1920) adalah negara berusia pendek yang terletak di Kaukasus Utara, kini membentuk republik Chechnya, Ingushetia, Ossetia-Alania Utara, dan Dagestan dari Federasi Rusia.

Jumlah luas wilayah Republik Kaukasus Utara Bergunung adalah sekitar 70.000 km² (27.027 mil²), dengan populasi sekitar 1 juta jiwa. Ibukota Republik Kaukasus Utara Bergunung adalah Vladikavkaz, lalu Nazran dan akhirnya Buynaksk.


2. Republik Ezo (蝦夷共和国 Ezo Kyōwakoku)
Republik Ezo (蝦夷共和国 Ezo Kyōwakoku) adalah sebuah bekas negara pecahan dari Jepang yang terletak di pulau yang kini bernama Hokkaido.

Setelah kekalahan pasukan Keshogunan Tokugawa dalam Perang Boshin (1868–1869), salah satu bagian dari angkatan laut shogun yang dipimpin Laksamana Enomoto Takeaki lari ke pulau Ezo di utara, bersama dengan beberapa ribu tentara dan sekelompok penasehat militer Perancis serta pemimpin mereka, Jules Brunet.

Pada 25 Desember 1868, mereka mendirikan sebuah negara republik yang merdeka bernama Republik Ezo. Negara ini menganut model yang diadopsi dari Amerika Serikat, dan Enomoto dilantik sebagai presiden. Ini adalah pemilu pertama yang pernah dilaksanakan di Jepang. Para penguasa Republik Ezo berupaya untuk memperoleh pengakuan internasional, namun gagal.

Pada masa musim dingin, mereka memperkuat pertahanan mereka di sepanjang semenanjung selatan di Hakodate, di mana di tengahnya terdapat benteng Goryokaku.

Tak lama kemudian tentara kekaisaran berhasil mengkonsolidasikan kekuasaan mereka di Jepang daratan, dan pada April 1869 mengirimkan satu armada dan satu pasukan infantri yang berjumlah 7.000 orang ke Ezo. Mereka maju dengan cepat dan menang dalam Pertempuran Hakodate. Goryokaku kemudian dikelilingi pasukan kekaisaran. Enomoto memutuskan untuk menyerahkan diri pada 18 Mei 1869 dan menerima kekuasaan Kaisar Meiji.

Enomoto dipenjara hingga tahun 1872 dan menerima jabatan sebagai pejabat pemerintah di Badan Pertanahan Hokkaido. Ia kemudian menjadi duta besar Jepang untuk Rusia dan menjabat dalam beberapa jabatan kementerian dalam pemerintah Meiji.

3. Republik Soviet Hongaria

Republik Soviet Hongaria (bahasa Hongaria: Magyarországi Tanácsköztársaság) adalah rezim komunis di Hongaria dari 21 Maret hingga 6 Agustus 1919, dibawah kepemimpinan Béla Kun. Rezim ini adalah pemerintahan komunis pertama yang dibentuk di Eropa setelah Revolusi Oktober di Rusia yang menyebabkan Bolshevik berkuasa di Rusia. Hanya berlangsung selama empat bukan, republik ini runtuh ketika Rumania menduduki Budapest.

4. Republik Federatif Demokratik Transkaukasus

Republik Federatif Demokratik Transkaukasus (TDFR, Закавказская демократическая Федеративная Республика (ЗКДФР), Zakavkazskaya Demokraticheskaya Federativnaya Respublika (ZKDFR); juga disebut Federasi Transkaukasus) (Februari 1918 – Mei 1918) adalah negara berusia pendek yang terdiri dari Armenia, Azerbaijan, dan Georgia di Kaukasus.

Federasi ini dibubarkan ketika Georgia menyatakan merdeka pada 26 Mei. Armenia dan Azerbaijan mengikuti pada 28 Mei.

5. Republik Demokrasi Taiwan

Republik Demokrasi Taiwan (Hanzi: 台灣民主國) adalah sebuah negara berumur pendek di Taiwan yang diproklamirkan pada tanggal 23 Mei 1895. Republik ini berakhir pada tanggal 21 Oktober tahun yang sama setelah penaklukan Tainan, yang merupakan pusat pemerintahan pada masa itu oleh Jepang.

Republik ini diproklamirkan setelah Dinasti Qing kalah perang dalam Peperangan Jiawu tahun 1895 dari Jepang. Sebagai akibatnya, Dinasti Qing diharuskan menandatangani perjanjian Shimonoseki yang salah satu butirnya adalah menyerahkan kedaulatan Taiwan dan Pescadores kepada Jepang tanpa syarat. Penduduk Taiwan yang saat itu tidak ingin tunduk terhadap pendudukan Jepang kemudian mengumumkan pembentukan Republik Demokrasi Taiwan.

Republik ini boleh dikatakan adalah republik pertama di Asia.

Republik Taiwan (Hanzi tradisional: 臺灣民主國; bahasa Tionghoa: 台湾民主国; Pinyin: Táiwān Mínzhǔguó; har. "Negeri Demokratik Taiwan"; juga dikenal sebagai Republik Formosa) adalah negara republik berusia pendek yang terletak di Taiwan pada tahun 1895, antara peristiwa penyerahan resmi Taiwan oleh Dinasti Qing kepada Kekaisaran Jepang melalui Perjanjian Shimonoseki dan kedatangan tentara Jepang. Meskipun diakui oleh sebagian ahli sejarah dan politik sebagai republik Asia pertama yang pernah diproklamirkan, namun Republik Taiwan ini didahului Republik Lanfang yang didirikan pada tahun 1777.

6. Republik Lanfang (http://id.wikipedia.org/wiki/Republik_Lanfang)

Republik Lanfang (Hanzi tradisional: 蘭芳共和國, Hanyu Pinyin: Lánfāng Gònghéguó) adalah sebuah negara Hakka di Kalimantan Barat, Indonesia yang didirikan oleh Low Fang Pak (Luo Fangbo) (羅芳伯) pada tahun 1777, sampai akhirnya dihancurkan oleh Belanda di tahun 1884.

7. Republik Texas

Republik Texas adalah sebuah negara di Amerika Utara yang terletak antara Amerika Serikat dan Meksiko yang ada antara 1836 hingga 1845. Negara ini terbentuk sebagai republik yang memisahkan diri dari Meksiko sebagai hasil dari Revolusi Texas. Republik ini mengklaim batas-batas yang mencakup wilayah yang meliputi seluruh daerah dari negara bagian AS Texas sekarang, serta bagian-bagian dari negara bagian New Mexico, Oklahoma, Kansas, Colorado, dan Wyoming sekarang. Perbatasan sebelah timur dengan Amerika Serikat ditentukan oleh Perjanjian Adams-Onís antara Amerika Serikat dan Spanyol, pada 1819. Perbatasannya di selatan dan paling barat dengan Meksiko dipertikaikan sepanjang keberadaan Republik ini, dengan Texas mengklaim bahwa perbatasannya adalah Rio Grande, sementara Meksiko mengklaim Sungai Nueces sebagai perbatasannya. Pertikaian ini belakangan menjadi pemicu bagi Perang Meksiko-Amerika, setelah Texas dianeksasi.

sumber: 
http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MLS

MLS
multi level sedekah

Mengenal Tambang Lebih Dekat

SATU JARINGAN,MULTI BISNIS!

Entri Populer