Arsip Blog

Rabu, Agustus 26, 2009

Memberi nama bayi dengan nama malaikat

http://www.syariahonline.com/kajian.php?lihat=detil&kajian_id=37707
Judul: Memberi nama bayi dengan nama malaikat
Kategori: Baru
Nama Pengirim: Lingga
Tanggal Kirim: 2008-12-25 19:40:10
Tanggal Dijawab: 2008-12-26 10:37:29

Pertanyaanasslamualaikum warohmatullahi wabarakatuh

pak ustad yang saya hormati
pak ustad saya adalah calon seorang ayah dari anak pertama saya ..
2 bulan ke depan insya Allah dengan ridhaNya genap 9bulan kehamilan istri saya.. saat ini saya masih bingung dlm hal mencari nama untuk si jabang bayi,yg saya mau tanyakan boleh engga pak ustad kalo nama bayi manusia diberi nama seperti nama malaikat ... seperti contoh jibril atau yg laennya ...
terima kasih
ditunggu ya pak ustad
wassalam wr wb

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb.


Salah satu kewajiban orang tua adalah memberikan nama yg baik pada anaknya. Hal ini dikarenakan:

1. Nama yg baik merupakan HAK dari anak.

Rasululloh SAW bersabda,“Seseorang datang kepada Nabi(SAW) dan bertanya,”Ya Rasululloh, apa hak anakku ini?” Nabi SAW menjawab,”Memberinya nama yg baik, mendidik adab yg baik, dan memberinya kedudukan yg baik (dalam hatimu)”.” (HR Aththusi)

2. Nama yg diberikan kepada anaknya itu adalah DOA (orang tua kepada anaknya).


Demikian pentingnya kedudukan nama di dalam Islam sehingga jika sampai seorang anak sudah besar dan namanya jelek, maka tak ada salahnya dan tetap dianjurkan untuk menggantinya dengan yang baik. Pernah suatu ketika Rasul bertanya kepada salah satu sahabatnya: "Siapakah namamu?". "Harb" (perang), jawab Sahabat tersebut. Maka nampak Rasul tidak menyukainya. Pada peristiwa lain Nabi pernah mengganti nama putri Sahabat Umar bin Khattab yang bernama 'Ashiyah (yang melakukan maksiat) diganti dengan "Jamilah" (yang cantik).


Dalam hal ini, nama yang paling baik yang diberikan kepada anak adalah seperti sabda Rasulullah saw. diriwayatkan Ibnu Umar- mengatakan: "Sebaik-baiknya nama disisi Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman".


Lalu bagaimana hukumnya memberi kepada anak nama malaikat, seperti Jibril dsb?


Sebagian besar ulama membolehkan pemberian nama malaikat kepada anak, hanya saja sebagian lainnya memakruhkan. Misalnya menurut Imam al-Nawawi dalam al-Majmu jumhur ulama membolehkan penggunaan nama nabi dan nama malaikat sebagai nama bagi anak-anak kita.


Adapun yang memakruhkan di antaranya adalah Imam Malik. Beliau berkata, "Makruh hukumnya memberi nama Jibril kepada anak."


Jika melihat pendapat jumhur yang membolehkan, maka menggunakan nama malaikat seperti Jibril untuk nama anak Anda adalah boleh. Hanya saja, agar keluar dari khilaf hendaknya Anda mencari nama lain yang memiliki makna baik.


Wallahu a'lam bish-shawab.


Wassalamu alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MLS

MLS
multi level sedekah

Mengenal Tambang Lebih Dekat

SATU JARINGAN,MULTI BISNIS!

Entri Populer